Transportasi yang ada pada transportasi online dibandingkan dengan transportasi

Transportasi merupakan salah satusarana yang penting dalam aktivitas manusia. Transportasi bisa digunakan untukmemindahkan seseorang maupun barang dalam jarak yang dekat maupun jauh. DiIndonesia, masyarakatnya sangat membutuhkan transportasi walaupun hanya padajarak dekat sekalipun. “Sejak jaman-jaman purba mobilitas masyarakat manusiatelah terjadi.

Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lain telahterjadi. Mobilitas penduduk ini diikuti juga oleh mobilitas barang yang dibawaoleh mereka. Oleh karena itu sarana transportasi sejak masa lampau telahdibutuhkan oleh manusia. Pada masa sekarang dimana mobilitas manusia dan barangsangat tinggi, dan terjadi bukan hanya didalam satu wilayah tetapi juga antarpulau dan bahkan antar Negara, maka sarana transportasi sangat memegang perananyang penting.”1Seiiring dengan adanya perkembanganzaman dan semakin canggihnya teknologi, ditemukan adanya aplikasi baru berbasisonline, yaitu transportasi online.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Di Indonesia, transportasi online sudahbanyak digunakan sejak tahun 2015. Tidak lama bagi transportasi onlinemerajalela karena banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat. Tujuan sayamemilih topik ini untuk dijadikan sebuah artikel adalah agar masyarakatmengetahui keunggulan transportasi online dibandingkan transportasi umumlainnya. Lalu, keunggulan apa sajakah yang ada pada transportasi onlinedibandingkan dengan transportasi umum lainnya dan apa saja yang dapatpemerintah lakukan untuk mengatasi masyarakat yang tidak setuju dengantransportasi berbasis online tersebut? Adanya transportasi berbasis onlineini justru menguntungkan karena  dapat mempermudahmasyarakat untuk keperluan aktivitasnya sehari-hari.

Transportasi online jugamempermudah perjalanan saat seseorang ingin berpergian, harganya lebih terjaminkarena kita bisa melihat harga yang sudah tertera di aplikasi, lebih terpercayakeamanannya, dan juga juga dimanapun kita berada transportasi online bisadijangkau. Tidak seperti transportasi konvesional lainnya yang susah dijangkau,seperti pada saat diwaktu tertetentu kita harus mencari tempat dimana suatutransportasi itu berada, baru kita bisa menggunakan transportasi tersebut danjuga jika transportasi konvesional kita tidak langsung tahu berapa biaya yangharus kita keluarkan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, masyarakat Indonesialebih memilih transportasi online ketimbang transportasi konvesional karenamemang transportasi online memberikan banyak keuntungan. “Menurut Pengamat transportasiITB Ofyar Tamin di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini keberadaantaksi online tidak bisa dihindari. Selain itu, kata Ofyar, taksi online jugamendapat tempat di hati masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi tersebut.Ofyar melihat perlu peran pemerintah yang tegas untuk menyelesaikan polemiktaksi online ini. Pemerintah harus mampu mengakomodir semua kebutuhan pelakuusaha yang menjunjung tinggi rasa keadilan. Contohnya saja dalam penerapanpajak.

Bila angkutan konvensional dikenai pajak taksi online juga dikenakan. ‘Di sini pemerintah harusnyamengambil peran. Pemerintah (pusat sampai daerah) harus tegas (dalam penerapanaturan). Buat regulasi yang mengatur sehingga semua mendapat keuntungan.Kuncinya fairness (keadilan),’ ujar Ofyar”.2 Namun, peran apa yangdapat diambil pemerintah untuk sarana transportasi online ini? “Solusiyang dapat dilakukan pemerintah, ‘menurut Nizar, adalah dengan merevisiregulasi yang mengatur tentang jasa angkutan umum.

Pemerintah dan DPR perlududuk bersama untuk mengatur agar angkutan umum berbasis aplikasi juga tundukdengan aturan yang sama bagi angkutan umum konvensional.’ ‘Ini agar terjadipersaingan yang sehat,’ ujarnya. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, danKeamanan Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan, Presiden Joko Widodotelah memerintahkan jajaran di bawahnya untuk mengambil sikap tegas menanggapipolemik taksi online”3Jadi jika kita menggunakan transportasionline maka akan banyak dampak positif yang terjadi seperti berkurangnyapengangguran yang ada di Indonesia, dan tidak akan dipusingkan dengan kepadatanlalu lintas, serta tidak perlu repot-repot. Dan jika kita sudah seringmenggunakan transportasi online, maka kita juga akan mendapat banyak promodiskon yang ditawarkan pihak aplikasi kepada kita.Kesimpulan yang dapat diambil daripenerapan transportasi online ini adalah lebih banyak keuntungan yang kitadapatkan dibanding kerugian seperti mengurangi tingkat kemacetan, mengurangitindakan kejahatan, menambah lapangan pekerjaan dan lain-lain. Saran yang dapatsaya berikan adalah lebih ditingkatkan lagi kualitas transportasi online yangada di Indonesia dan untuk yang diluar ibukota Jakarta, lebih diperbanyak lagipengangguran-pengganguran yang mendaftarkan diri sebagai driver transportasionline. Dan juga transportasi online menambah kerjasama dengan transportasi konvesionalagar solusi permasalan antar keduanya dapat terpecahkan.