MAKALAH 210104170005 Manajemen Produksi Media Fakultas Ilmu Komunikasi UNIVERSITAS

MAKALAHTUJUAN PEMBANGUNGAN BERKELANJUTANNOMOR 3 : KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERATAHAPAN PEMBELAJARAN BERSAMA”PEDULI GANGGUAN KESEHATAN MENTAL : DEPRESI”Disusun untukmemenuhi tugas akhir mata kuliah TPB Oleh :Aini Rahmi Mutia                            210104170005       Manajemen ProduksiMediaFakultas IlmuKomunikasi UNIVERSITASPADJAJARANJATINANGOR2017KATA PENGANTARSaya panjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esayang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani serta kelancaran kepada sayadalam menyelesaikan tugas akhir pembuatan Makalah Tujuan PembangunanBerkelanjutan mengenai Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Makalah ini disusun dalamrangka memenuhi tugas akhir mata kuliah TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)yang mencakup pula mata kuliah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, danPendidikan Kewarganegaraan di semester satu Universitas Padjajaran 2017.            Dalamkesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yangtelah membantu saya dalam menyelesaikantugas makalah ini yaitu :1.     Prof.Dr.

Dany Hilmanto,dr.,Sp.A(K) selaku dosenpemateri TPB nomor 3 mengenai Kehidupan Sehat dan Sejahtera2.     Orangtua saya yang tidak pernah berhenti mendukung saya dalam segala hal3.     Teman-temansaya yang telah memberikan beberapa masukkan dalam proses pengerjaan makalahini Saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini jauhdari kata sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya.Maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untukmenjadi lebih baik lagi dalam pembuatan tugas di masa yang akan datang.  Sumedang, November2017 Aini Rahmi Mutia              DAFTARISI   KATA PENGANTAR, i DAFTAR ISI, ii BAB 1 : PENDAHULUAN             1.1 Latar Belakang, 1             1.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

2 Rumusan Masalah, 2             1.3 Tujuan, 2             1.4 Manfaat, 2 BAB 2 : ISI             2.1 Gangguan Kesehatan Mental : Depresi, 3             2.2 Penyebab Depresi, 4             2.3 Gejala Depresi, 5             2.

4 Langkah Yang Dapat Dilakukan Oleh Penderita Depresi, 5             2.5 Mengatasi Penderita Depresi, 6             2.6 Pandangan Agama Islam Mengenai Depresi, 7 BAB 3 : PENUTUP             3.

1 Kesimpulan, 10             3.2 Saran, 11 Daftar Pustaka, 12     BAB1PENDAHULUAN1.1Latar Belakang            Sehat menurut WHO(World Health Organization)1adalah suatu keadaan sempurna baik fisik, mental, dan sosial tidak hanyaterbebas dari penyakit atau kelemahan.

Sejahtera dalam istilah umum berartikondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaansehat dan damai. Memastikan  kehidupanyang sehat dan sejahtera untuk semua kalangan usia sangat penting untukmembangun lingkungan yang makmur. Kesehatan mentalmasuk ke dalam salah satu hal yang dibahas dalam tujuan nomor tiga dari TujuanPembangungan Berkelanjutan yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Seseorang dapatdikatakan sehat apabila jiwa dan raganya sehat, jika raga seseorang sehat namunjiwanya tidak sehat sama saja seperti orang yang sedang sakit jiwa disinidimaksudkan sebagai sehatnya psikis orang tersebut termasuk mentalnya.             Banyakorang yang menganggap sepele kesehatan mental, menomor satukan kesehatan fisikpadahal keduanya adalah sama penting untuk manusia. Kasus yang menjadiperhatian di berbagai negara saat ini adalah kasus gangguan mental berupaDepresi. WHO pada 10 Oktober 2016 bertepatan dengan hari Kesehatan Jiwa Duniamengatakan bahwa 350 Juta orang di dunia mengalami depresi. Depresi digambarkansebagai kondisi penuh kesedihan, kehilangan daya tarik terhadap minat dan halmenyenangkan, rasa bersalah atau rendah diri yang berlebihan, gangguan tidurdan nafsu makan, mudah sekali letih, dan gangguan parah terhadap konsentrasi.

Dampak terburuk yang dapat dilakukan oleh penderita depresi yaitu melakukanbunuh diri. Melalui program SDGs (SustainableDevelopment Goals)2yang dikampanyekan oleh PBB3 keseluruh dunia, salah satu tujuannya yaitu Tujuan Nomor 3 : Kehidupan Sehat dan Sejahteradan saya mengambil konsentrasi pada kesehatan mental, depresi, dengan tujuanagar orang-orang menyadari bahwa kesehatan mental seseorang perlu diperhatikanmeninjau banyaknya kejadian bunuh diri akibat adanya gangguan kesehatan mental terutamadepresi di dunia.1.2Rumusan Masalah1.

     ApaYang Dimaksud dengan Depresi?2.     MengapaSeseorang Dapat Mengalami Depresi?3.     ApaSaja Gejala Seseorang Yang Mengalami Depresi?4.     BagaimanaCara Untuk Mengatasi Depresi?5.     BagaimanaCara Untuk Mengatasi Penderita Depresi?6.     BagaimanaMenurut Pandangan Agama Islam Mengenai Kesehatan Mental?1.3Tujuan            Tujuan dari dibuatnya makalah SDGs (Sustainable Development Goals) mengenai Tujuan nomor 3 : KehidupanSehat dan Sejahtera yang konsentrasinya mengenai gangguan kesehatan mentalberupa depresi yaitu untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah TPB UniversitasPadjadjaran 2017, sebagai bahan informasi serta ajang kampanye kepada orangbanyak mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan mental seseorang, terutamagangguan berupa depresi yang marak terjadi dewasa ini serta untuk mengetahuilebih dalam mengenai depresi dari kacamata agama islam.

1.4Manfaat            Manfaat dari dibuatnya makalah ini adalah sebagai berikut:1.     Mendapatkaninformasi penting mengenai gangguan kesehatan mental berupa depresi2.     Terbukanyapemikiran banyak orang mengenai seberapa pentingnya untuk memperhatikan kesehatanmental orang-orang sekitar BAB 2ISI2.1 GangguanKesehatan Mental : Depresi            Kesehatan mental menurut WHO (World Health Organization)4didefinisikan sebagai keadaan baik di mana setiap individu menyadari potensidirinya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerjasecara produktif dan bermanfaat, dan dapat memberikan kontribusi kepadamasyarakat.

            Banyakorang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan mental namun kebanyakan darimereka menutupi hal tersebut. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mentalakan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosiyang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. Gangguan kesehatan mentaldapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapatmerusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, melainkan juga dapatmenurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja.Salah satu gangguan kesehatan mental yaitu depresi.Menurut Lubis (2009), secara sederhana depresi dapat dikatakan sebagai suatupengalaman yang menyakitkan, suatu perasaan tidak ada harapan lagi, yangditandai dengan afek disforik5disertai dengan gejala-gejala lain, seperti gangguan tidur dan menurunnyaseleran makan.Sedangkan Trisna (dalam Lubis, 2009) menyimpulkan bahwa depresiadalah suatu perasaan sendu dan sedih yang biasanya disertai diperlambatnyagerak dan fungsi tubuh.Depresi adalah kelainan mood6yang menyebabkan perasaan sedih,hilang minat secara terus menerus, yangdisertai dengan menjadi lambatnya gerak dan fungsi tubuh. Gangguan mentalberupa depresi merupakan kondisi yang sering terjadi dan menimpa banyak orang,kepada siapapun.

Depresi lebih sering terjadi kepada wanita dibandingkan denganpria.            Depresidengan rasa sedih pada umumnya adalah dua hal yang berbeda, rasa sedih padadiri seseorang akan muncul hanya sewaktu-waktu sedangkan jika rasa sedihberlangsung dalam jangka waktu berhari-hari atau minggu, mulai menggangguberbagai aktivitas dan timbul pemikiran untuk mengakhiri hidup, kemungkinanbesar hal tersebut adalah depresi.2.2Penyebab Depresi            Di dunia ini semua hal terjadi dikarenakan oleh penyebabyang sehingga memberikan dampak pada akhirnya. Depresi dapat timbul disebabkanoleh empat faktor berikut atau kombinasi antar keempatnya, yaitu :1.     GenetikDepresi dapat timbul akibat turunan genetik, seseorangyang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat depresi dapat lebih cenderungmengalami depresi di kehidupannya.

2.     BiologisTerdapat perbedaan pada orang yang mengalami depresidengan orang yang tidak mengalami depresi, Ada beberapa perbedaan pada bagiansistem neurotransmitter7si penderita yang tidak bekerja secara normal saat depresi.3.     StresSeseorang dapat mengalami stress yang dapat menunjangpula menuju ke arah depresi dikarenakan oleh beberapa hal seperti kehilanganseseorang, hubungan yang bermasalah, mengidap suatu penyakit seperti kanker,permasalahan kepribadian seperti rendah diri atau pesimis atau bahkanpermasalahan kehidupan seperti di dunia kerja yang pada akhirnya seseorangmengalami tekanan di dalam dirinya.

4.     PenggunaanAlkohol dan Obat-obatan terlarangMengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol dapatmemicu terjadinya depresi dalam individu dan bahkan apabila terus dilakukanakan memperburuk kondisi individu tersebut.2.3Gejala Depresi            Gejaladepresi yang timbul pada setiap individu dapat berbeda-beda, namun secara umumberikut adalah gejala-gejala yang terjadi di individu sekitar, seperti:1.     SulitKonsentrasi/FokusSulitnya individu dalam berkonsentrasi pada apapun yangia lakukan sehari-hari dapat diidentifikasikan sebagai gejala seseorangtersebut mengalami depresi.2.

     Merasasedih atau kosongBeberapa orang sering kali merasa sedih atau menganggapdirinya kosong seperti tidak berguna di lingkungan sekitarnya, hal ini dapatdiidentifikasikan sebagai gejala depresi jika hal ini terus terjadi pada diriindividu dalam jangka waktu lama.3.     Merasamasa depannya tidak akan baikKhawatir mengenai apa yang akan terjadi di masa mendatangdengan melihat cerminan dari apa yang terjadi saat ini dan merasa bahwa masadepannya akan suram jika terjadi secara berlebihan dan berulang kali, maka halini juga dapat diidentifikasikan sebagai gejala depresi pada individu.4.     MerasaGelisah atau sulit tidurBeberapa orang akan merasa gelisah dan sulit untukmemejamkan mata karena merasa tidak tenang.5.

     IntensitasTidur Lebih SeringBeberapa orang ada yang memilih untuk selalu tertidurkarena mereka merasa bahwa kehidupan di dalam mimpi lebih menyenangkandibandingkan dengan kehidupan realita.6.     Adanyapemikiran untuk bunuh diriGejala seperti ini sudah masuk ke tingkatan yang tinggi,apabila seorang individu sudah memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidupnyamaka dapat dikatakan bahwa individu tersebut benar-benar mengalami depresi dihidupnya.2.4Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi depresi            Untuk mengatasi masalah depresi atau setidaknya membantumengurangi sebelum ditangani lebih lanjut oleh psikiater, dapat dilakukanbeberapa hal seperti berikut: 1.     JanganmenyendiriSeorang individu akan lebih sering merasa sedih ataukosong jika dalam keadaan sendiri, karena akan timbul pemikiran-pemikiranmengenai masalah dalam hidupnya yang kemudian menimbulkan kesedihan yangsemakin mendalam.2.

     Membuathidup menjadi lebih sederhanaJangan terlalu memikirkan semua permasalahan secara rumitbuatlah menjadi hal yang sederhana sehingga tidak menimbulkan adanya tekanan.3.     Konsumsimakanan sehatDengan mendapatkan asupan makanan yang bergizi dapatmeningkatkan kondisi fisik yang baik serta membuat mood8menjadi baik pula.4.

     RutinOlahragaRutin berolahraga dapat membantu menyehatkan kondisifisik dan mental individu, terlebih jika olahraga tersebut menjadi salah satuhobi.5.     Hubungidokter atau psikiaterJika sudah timbul pemikiran untuk melakukan bunuh diriatau menyakiti orang lain, merasa mendengar suara-suara asing, melihat sesuatuyang sebenarnya tidak ada, atau bahkan merasakan ketakutan yang berlebihdisarankan untuk menghubungi dokter atau psikiater untuk segera ditangani lebihlanjut.2.5Mengatasi Penderita Depresi1.     Janganmembiarkan penderita sendiriTemani penderita kemanapun agar si penderita tidak merasakesepian dan merasa memiliki teman yang masih peduli terhadapnya. Hal ini juga sekaligusmencegah kejadian yang tidak diinginkan misalnya menyakiti diri sendiri jikapenderita sedang sendiri.2.

     Dengarkandengan sabar curahan hati si penderitaSetiap individu memerlukan setidaknya satu orang untukmenjadikannya tempat berbagi segala hal. Menjadi teman yang baik, yang selaluada dan siap mendengarkan serta memberi solusi terbaik, tidak meremehkan sebuahmasalah adalah langkah yang tepat untuk membantu si penderita bangkit kembali.3.     Bantuuntuk menciptakan suasana yang mendukung proses penyembuhanMenciptakan suasana yang tenang, senang bagi penderitamisalnya mengajak untuk melakukan aktivitas yang disukainya sepertiberolahraga, menari, menonton film dan bermain musik. Membuat si penderitabesar hatinya dapat membantu agar timbulnya rasa optimis kembali dalam hidupdan merasa berharga.4.     Dorongsi penderita untuk beribadahMengarahkan si penderita untuk lebih mengenal dekattuhannya sehingga si penderita dapat merasakan ketenangan.5.

     Mengajakke psikiater9Memberitahu bahwa apa yang dialami si penderita adalahhal yang serius sehingga sebaiknya segera diperiksa oleh ahlinya agarkondisinya membaik.2.6Pandangan Agama Islam Terhadap Depresi            Kesedihan yang dialami oleh setiap orang sebaiknya tidakberlebihan, depresi adalah akibat dari berlebihnya rasa sedih yang dialami olehindividu yang setelahnya dapat mengakibatkan banyak dampak buruk untuk dirinyadan lingkungan sekitarnya.

            Sepertiyang dijelaskan di dalam Al-Quran10mengenai larangan untuk bersedih :??????? ????????? ??????? ???????? ? ?????????????????????? ??????? ????? ????? ?????? ??????? ????? ?????? ?????????? ????????? ?????????? – 2:38″Kami Berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jikabenar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa mengikutipetunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. Al-baqarah11:38)  ??? ????? ????? ?????? ??????????????? ?????? ?????????????????? ?????????? ??????? ? ?????? ???????? ?????????? ????? ???????????????? ????? ???? ??????????? – 7:35″Wahai anak cucu adam! Jika datang kepadamu rasul-rasuldari kalanganmu sendiri, yang menceritakan ayat-ayat-Ku kepadamu, makabarangsiapa bertaqwa dan mengadakan perbaikan maka tidak ada rasa takut padamereka dan mereka tidak bersedih hati.

” (QS.Al-A’raf12:35)????? ???????? ????? ?????????? ????????? ???????????????? ?????? ???????????? – 3:139″Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedihhati sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (QS. Al-Imran13:139)Di dalam Al-Quran14dan Hadis Rasul15pun menyebutkan larangan untuk mengakhiri hidup dan apa dampaknya kelak diakhirat:”Jangalah mengharapkan kematian karena tertimpa musibahduniawi, jika terpaksa, maka hendaklah ia mengucapkan:”Ya Allah panjangkanhidupku, jika kehidupan itu lebih baik bagiku, dan wafatkanlah aku jikakematian itu lebih baik bagiku!” (HR.Bukhari, no. 5671, An-Nasa’I, no.

1820, dishahihkan oleh Albani)??? ???????? ????????? ??????? ??? ?????????????????????? ????????? ???????????? ?????? ??? ??????? ????????? ??? ??????????????? ? ????? ?????????? ??????????? ? ????? ???????????? ?????? ???????? – 4:29″Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salingmemakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaanyang berlaku dengan suka sama-suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuhdirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An-Nisa16:29)??????????? ??????? ????????? ?????? ?????????? ??? ??????????????? ???????? ?????????? ??????? – 18:6″Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimukarena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak berimankepada keterangan ini (Al-Quran)” (QS. Al-Kahfi17:6)”Siapa yang bunuh diri dengan senjata tajam, maka senjataitu akan ditusuk-tusukannya sendiri dengan tangannya ke perutnya di nerakauntuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan racun, maka dia akanmeminumnya pula sedikit demi sedikit nanti di nerika, untuk selama-lamanya; dansiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari gunung, maka dia akanmenjatuhkan dirinya pula nanti (berulang-ulang) ke nereka, untukselama-lamanya” (HR. Muslim)            Bab3PENUTUP3.1Kesimpulan            Dari apa yang telah dipaparkan pada bagian pembahasan diatas mengenai kesehatan mental berupa depresi yang dimulai dari definisi,penyebab, gejala, cara mengatasi dari dua sudut pandang yaitu orang sekitar dansi penderita, serta pandangan menurut agama islam mengenai gangguan kesehatanmental berupa depresi ini dapat disimpulkan bahwa depresi adalah sebuahkelainan mood18,rasa sedih, yang berlangsung dalam jangka panjang dan disertai dengan menjadilambatnya gerak dan fungsi tubuh serta gangguan lainnya seperti susah tidur dantidak nafsu makan.

Depresi disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktorgenetika(keturunan), biologis, stres, dan pengaruh alkohol serta obat-obatanterlarang. Gejala-gejala yang dapat menjadi awal mula seseorang mengalamidepresi yaitu sulit dalam berkonsentrasi, mudah gelisah, merasa sedih, tidakberguna, sulit tidur atau selalu ingin tidur, serta adanya pemikiran untukmengakhiri hidup. Cara mengatasi paling tepat dalam menghadapi penderitadepresi yaitu tidak membiarkannya dalam kesendirian, menghibur dengan membangunsuasana yang menyenangkan, dan mengajaknya untuk berobat ke psikiater. Sedangkanuntuk mengatasi depresi dari diri penderita yaitu dengan selalu menempatkandiri dalam keramaian tidak sendiri, rutin olahraga, makan makanan bergizi,membuat hidup lebih sederhana dan pergi berobat ke psikiater. Dari sudut pandang agama islam, dalam Al-Quran, adabanyak surat yang melarang manusia untuk larut dalam kesedihan serta dalamHadist Riwayat Rasul adanya larangan untuk mengakhiri hidup dan apa yang akanditerima jika seseorang mengakhiri hidupnya melawan takdir Allah SWT..  3.2Saran            Demi tercapainyatujuan SDGs (Sustainable DevelopmentGoals) nomor tiga : Kehidupan Sehat dan Sejahtera mengenai masalahkesehatan mental di dunia yang kerap meningkat, sebaiknya kita lebih peduliterhadap lingkungan sekitar, saling tolong menolong dalam keadaan apapun danberusaha untuk tetap melakukan hal terpuji, baik dalam bertindak maupunberbicara, karena hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan mental seseorangserta senantiasa meningkatkan kadar keimanan untuk kehidupan yang lebihtentram.

                 DAFTAR PUSTAKA Halo Sehat. 2017. Ciri-CiriSehat Mental. Diperoleh 13 November 2017. https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-mental/ciri-ciri-sehat-mental Hello Sehat. (2017, 10 Maret). Depresi.

Diperoleh 28 Desember 2017.  https://hellosehat.com/penyakit/depresi/ Kamusq.

2013. SehatAdalah Pengertian dan Definisi. Diperoleh 9 Desember 2017. http://www.

kamusq.com/2013/08/sehat-adalah-pengertian-dan-definisi.html Kompasiana. (2015, 25 Juni).

Cara Menolong Saudara atau Teman Yang Terkena Depresi. Diperoleh 28Desember 2017. https://www.kompasiana.com/tirtojiwo/cara-menolong-saudara-atau-teman-yang-terkena-depresi_550f04f18133114d31bc6199 Lubis, Namora Lumongga. 2017.

Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta:Prenada Media.Merriam Webster. (2018, 6 Januari). Mental Health. Diperoleh 7 Januari 2018. https://www.merriam-webster.

com/dictionary/mental%20healthOlvista. (2013, 30 April). Apa Itu Mood.

Diperoleh 28 Desember 2017. http://olvista.com/apa-itu-mood/ Organisasi. (2007, 29 Oktober). Hal Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Manusia Internal dan EksternalPsikologi. Diperoleh 13 November 2017 http://www.organisasi.

org/1970/01/hal-faktor-yang-mempengaruhi-kesehatan-mental-manusia-internal-dan-eksternal-psikologi.html#.WgmTRcaWbIV Radio Pelita Kasih. 2016.

WHO: 350 Juta Orang Di Dunia Mengalami Depresi. Diperoleh 28Depresi 2017. http://www.radiopelitakasih.com/2016/10/11/who-350-juta-orang-di-dunia-mengalami-depresi/ 1 WHO adalah Organisasi Kesehatan dibawah naungan PBB yang berdiri sejak 7 April 1948 dan bertujuan untuk membangunmasa depan yang lebih baik dan lebih sehat untuk semua orang di dunia.

2 Sustainable Development Goals(Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) adalah 17 Tujuan dengan 169 capaian yangterukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda duniapembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. 3 Perserikatan Bangsa-Bangsa adalahOrganisasi Internasional yang dibentuk pada 24 Oktober 1945 yang bertujuanuntuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia, memajukan dan mendorong hubunganpersaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia, membinakerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi,sosial,budaya,danlingkungan,4 WHO, Op.cit., hlm 45Afek Disforik adalahkehilangan kegembiraan6Mood adalah Keadaan emosionalyang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu7 Neurotransmitter adalah zat kimiayang disintesis dalam neuron dan disimpan dalam gelembung sinaptik pada ujungakson. Neurotransmitter merupakan cara komunikasi antar neuron. Setiap neuronmelepaskan satu transmitter. Ada sekitar tiga puluh macam neurotransmitter,diantaranya adalah, Norephinephrin, Acetylcholin, dan Dopamin. – www.

med.unhas.ac.id  8 Mood., Op.cit.

, hlm 69  Psikiater menurut KBBI adalah Dokter yang ahlidalam penyakit jiwa.10 Al-Quran adalah kitab suci utamaumat islam yang dipercaya diturunkan oleh tuhan kepada Nabi Muhammad SAW.. 11 Al-Baqarah adalah surat ke-2 dalamAl-Quran yang berarti Sapi Betina, merupakan surat terpanjang, tergolong suratMadaniyah dan terdiri dari 286 ayat.

12 Al-A’raf adalah surat ke-7 dalamAl-Quran yang berarti Tempat Tertinggi. Tergolong dalam surat Makkiyah danterdiri dari 206 ayat.13Al-Imran adalah surat ke-3 dalam Al-Quran yang berarti Keluarga Imran.Tergolong dalam surat Madaniyah dan terdiri dari 200 ayat.14 Al-Quran., Op.

cit., hlm 1015 Hadis Rasul adalah apa yangdiriwayatkan nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya, sifatjasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi danterkadang juga sebelumnya, sehingga arti hadis disini semaknadengan sunnah16 An-Nisa adalah surat ke-4 dalamAl-Quran yang berarti Wanita. Tergolong ke dalam surat Madaniyyah dan terdiridari 176 ayat.17 Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al-Quranyang berarti Gua.

Tergolong ke dalam surat Makkiyah dan terdiri dari 110 ayat.18 Mood., Op.cit., hlm 3